Selasa, 12 November 2013

Buat Proposal Usaha Dengan Cara Ini, Investor Akan Datang Pada Anda

Mau memulai usaha baru nih…tetapi Anda harus melibatkan pihak ketiga untuk starting awal. Biasanya sih karena urusan permodalan. Kalau sudah begini mau tidak mau Anda harus membuat proposal usaha. Masalahnya tidak semua orang cukup jagoan dengan urusan satu ini.

Makanya pada kesempatan ini saya akan mencoba berbagi info seputarpembuatan proposal usaha. Bukan soal tep by stepnya, itu sih bisa dengan mudah Anda temukan informasinya segunung di perpustakaan. Saya justru akan membahas mengenai intisari dari proposal. Jangan sampai habiskan berlembar-lembar kertas tapi proposal usaha Anda tidak ada intisarinya.

Padahal justru intisari inilah yang nantinya menjadi fokus utama dari pembaca proposal usaha, baik itu pihak bank ataupun investor. Nah berikut ini 7 pertanyaan yang harus bisa Anda jawab dalam proposal usaha, sebagai intisari dari proposal tersebut

1.       Apakah manfaat usaha Anda
Tak perlu berpanjang lebar hingga banyak paragraf, karena dijamin pembaca malah akan melewatinya begitu saja. Gambarkan saja secara ringkas, praktis dan jelas, apakah yang akan pasar dapat dari usaha Anda. Kalau perlu jelaskan kebutuhan apa yang akan terpenuhi berkat adanya usaha Anda ini. 

2.       Bagaimana cara usaha Anda menyelesaikan kebutuhan pasar
Sudah ngomong kalau usaha Anda bisa menjadi jalan keluar untuk kebutuhan di pasar, Anda perlu buktikan donk bagaimana caranya. Apa yang Anda lakukan atau Anda buat pada produk atau jasa Anda sampai bisa Anda klaim sebagai penyelesaian kebutuhan pasar.

3.       Bagaimana kondisi pasar?
Pembaca tentu sangat ingin tau bagaimana kondisi pasar yang menjadi target Anda, seperti karakternya, daya belinya, peta persaingan dan produk-produk yang digemari di pasar. Lagipula Anda juga perlu menunjukan bahwa Anda sudah benar-benar memahami kondisi pasar sebelum memasukinya

4.       Apa strategi pemasaran Anda?
Anda sudah mengetahui bagaimana target pasar Anda, kini tinggal Anda menggambarkan langkah strategis apa yang akan Anda ambil untuk memikat konsumen di pasar. Pastinya Anda perlu membuat langkah-langkah spesifik yang sesuai dengan karakter pasar.   

5.       Apa yang membuat usaha Anda berbeda?
Diferensiasi bisa menjadi sangat mutlak bila Anda memasuki pasar dengan persaingan yang tinggi. Konsumen selalu lebih tertarik pada yang berbeda. Karenanya uraikan apa yang membedakan Anda dengan pelaku usaha lain, bisa berupa produk yang unik, sistem khusus atau sekedar pelayanan yang istimewa.

6.       Bagaimana Metode keuangan yang Anda miliki.
Bukan proposal usaha kalau tidak ada poin satu ini. Soalnya ini menjadi salah satu poin utama dalam penilaian sebuah usaha dan rencana bisnisnya. Anda perlu menggambarkan semua sisi keuangan usaha. Jelaskan, struktur permodalan Anda, alokasi dana, modal usaha, Break Even Point dan sistem investasi yang akan Anda jalankan. 

7.       Apa resiko dalam usaha dan Strategi pengendalian Anda?
Jangan hanya cerita yang positif-positif saja, karena justru akan membuat proposal Anda tidak realistis. Ceritakan pula setiap resiko yang bisa Anda hadapi dalam usaha baru ini, sertakan juga langkah-langkah strategis Anda untuk mencegah dan mengatasi persoalan yang bisa muncul. Ini makin memantapkan proposal usaha Anda sekaligus menunjukan Anda benar-benar sudah siap dengan usaha baru ini.

Sekarang Anda sudah mengantongi gambaran kan intisari yang harus ada dalam proposal usaha yang Anda buat. Proposal usaha yang mampu menjawab 7 pertanyaan khusus ini setidaknya sudah satu tahap lebih maju dalam meyakinkan pihak ketiga akan kesiapan Anda dalam memulai usaha baru ini. Jadi…semoga berhasil!!

Mau info lebih lanjut soal cara tepat dalam menyusun proposal usaha? Buka di sini.


Kembali saya memberikan satu lagi contoh artikel, kali ini dalam tema dunia usaha dan bisnis.Artikel ini menggunakan keyword proposal usaha, hasil revisi dari artikel induk dengan keyword membuat business plan. Untuk bahasan semacam ini saya memiliki beberapa pengalaman yang sangat memadai. Jadi Anda yang tertarik dengan web atau blog bisnis tetapi kurang memiliki waktu untuk mengisinya dengan artikel yang informatif, Anda bisa menggunakan jasa saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar