Kamis, 21 November 2013

Nyawa Dari Blog? Artikel Online Dengan Performa Tinggi

Anda memang tidak akan sukses dengan blog Anda tanpa melakukan promosi dan marketing yang optimal dengan blog Anda. Tetapi blog Anda bahkan tidak bisa eksis kalau Anda tidak mengisinya dengan content.

Content selalu identik dengan artikel online, tulisan informatif dalam blog Anda. Apa yang mau dilihat pengunjung kalau dalam blog Anda tidak ada isinya? Sekalipun Anda berjualan produk dengan blog Anda. Artikel tetap berperan besar dalam mendatangkan pengunjung. Karena artikel yang nantinya menjadi penilaian dari search engine dan artikel pula yang nantinya menjadi bahan promosi Anda.

Jadi ketika Anda memutuskan membuat sebuah blog, apapun tujuan komersilnya, maka pekerjaan pertama Anda adalah menulis artikel online. Tapi jangan asal nulis lho… Ada kaidahnya...

Artikel online yang bisa masuk dalam kategori content blog adalah artikel dengan performa tinggi. Salah satu poin utama dalam menciptakan artikel online dengan performa tinggi adalah dengan menulis sedemikian rupa sehingga mampu memikat pembaca, bahkan di detik pertamanya.

Nah…pada kesempatan ini saya akan mencoba berbagi tips jitu dalam membuat artikel online yang mampu memikat pembaca dengan cepat.
  1. Pikat dengan judul
    Hal pertama yang muncul pada search engine sudah tentu adalah judul, jadi buatlah judul yang memanggil dan mendatangkan rasa penasaran. Tentu berbeda kan rasa yang timbul dari judul “Metode
     Tepat Memikat Pengunjung Web” dengan “Bagaimana Mendatangkan 5000 Pengunjung Web Dalam 2 Bulan?".
  2. 100 kata pertama yang mempesona
    Seorang pembaca yang menemukan artikel Anda dari search engine bisa jadi hanya memilih secara random. Jadi mereka bisa saja melihat tidak ada yang menarik dari artikel Anda, menutupnya dan memilih yang lain pada daftar search engine. Jadi buatlah first impression sebaik mungkin pada 100 kata pertama. Yang akan menunjukan apa isi dari artikel Anda dan bagaimana Anda menyampaikan informasi dalam artikel.
  3. Sederhana
    Anda boleh seorang ekspert dalam bidang teknik atau keuangan. Tapi belum tentu dengan pembaca Anda. Ketika Anda memenuhi artikel online dengan bahasa teknis, Anda memang sukses menunjukan kelas Anda, tetapi juga sukses membuat pusing pembaca Anda. Jadi sederhanakan, buat menjadi sesuatu yang bisa dipahami awam tanpa perlu bertele-tele.
  4. Konkret
    Artikel online yang paling diminati selalu adalah artikel yang mampu menjawab persoalan di dunia nyata. Temukan apa yang dibutuhkan pembaca, bila perlu coba melihat dari sudut pandang mereka. Temukan persoalan dan sajikan informasi mengenai solusi yang bisa mereka praktekan di dunia nyata.
  5.  Berbeda
    Seringkali Anda mencari informasi pada google dan terus terdampar pada banyak blog yang menyajikan informasi yang sebenarnya sama. Apa yang Anda rasakan? Basi banget kan? Nah itu sebabnya Anda perlu menulis artikel online dengan pendekatan berbeda, sudut pandang atau fokus yang berbeda. Ini akan membuat artikel online Anda unik dan tentu saja memikat.
  6.  Sistematis
    Kalau saya katakan sistematis jangan lantas Anda bayangkan artikel online buatan Anda harus dengan tabel dan data. Karena sudah pasti pembaca akan kabur begitu melihat informasi penuh tabel, bahkan sebelum mereka membacanya. Tapi Anda perlu membuatnya dalam poin-poin atau terpisah dengan sub bab. Karena cara ini memudahkan pembaca menangkap isi artikel secara bertahap dan mencernanya dengan baik. Contohnya ya artikel ini, yang saya bagi dalam 6 tips, bukan dengan rangkaian paragraph panjang lebar tanpa hulu dan hilir. 
Itu tadi 6 tips dalam menulis artikel online. Saya tekankan lagi…menulis artikel online dan menjadikannya sebagai content adalah nyawa bagi blog. Jadi optimalkan performa artikel Anda.

Bila membuat artikel online dengan performa tinggi terasa memberatkan bagi Anda, Anda bisa menggunakan jasa penulis artikel online yang tersedia. Seperti saya misalkan…^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar